Pilihan Olahraga yang Tepat Sesuai Usia

Olahraga merupakan suatu kegiatan fisik yang sangat dibutuhkan setiap orang. Olahraga yang dijalankan tentunya olahraga yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh. Selain itu, usia juga dapat menentukan jenis olahraga mana yang menjadi pilihan tepat untuk menunjang kesehatan tubuh. Oleh karena itulah kami akan merekomendasikan Pilihan Olahraga yang Tepat Sesuai Usia pada anda dan semua orang.

Pilihan Olahraga yang Tepat Sesuai Usia

Kondisi fisik yang tidak sama menjadi dasar mengapa olahraga yang dianjurkan berbeda pada setiap usia. Olahraga yang dibutuhkan juga bukan hanya asal keringat saja, namun olahraga yang terukur dan teratur. Berikut ini kami merekomendasikan pilihan olahraga sesuai dengan usia anda :

Usia 20-an

usia 20-an

Usia 20-an dikatakan sebagai puncak metabolisme manusia. Pada waktu ini, seluruh fungsi tubuh bekerja dalam kapasitas optimalnya. Baik olahraga high impact, maupun yang bersifat kompetitif sekalipun dapat dilakukan. Sesekali anda bisa latih kelenturan otot dan sendi tanpa melupakan peregangan serta pendinginan pasca latihan fisik. Jangan lupa, adakan penyesuaian ketika usia sudah mendekati akhir fase 20-an.

Usia 30-an

usia 30-an

Usia paling rentan terhadap bahaya saat berolahraga, karena kebanyakan dari kita masih menganggap tubuh sebugar saat usia 20-an. Padahal fungsi tubuh kita banyak yang mengalami perubahan. Bantalan ruas tulang punggung misalnya, di akhir usia 20-an dan sepanjang usia 30-an mulai menunjukan gejala penipisan. Hal ini bisa menjadi salah satu pemicu mudahnya terjadi cedera.

Kami merekomendasiakn untuk menekuni olahraga yang lebih berkonsentrasi pada kebugaran sistem kardiovaskular, seperti bersepeda, berlari di atas treadmil, atau berenang jarak menengah. Selain itu, anda juga bisa mengakrabi aktivitas fisik yang lekat dengan kebugaran otot serta tulang, seperti yoga, tai-chi, dan pilates.

Usia 40 dan 50-an

yoga

Pada usia ini, pilihan olahraga kompetitif yang bersifat high impact sudah tidak memungkinkan. Jadi sebaiknya anda memilih kegiatan yang bertujuan untuk menjaga semua fungsi tubuh dengan baik. Yoga, tai-chi, atau senam kebugaran lainnya merupakan pilihan ideal yang terbaik bagi mereka di usia ini. Seminggu 3x lakukan kegiatan olahraga kardiovaskular yang aman seperti bersepeda, jalan kaki ringan, dan berenang.

Usia di atas 60-an

usia 60-an

Di tahap ini, aktivitas fisik sederhana dan tak berbahaya, seperti berjalan, bisa memberi dampak buruk bila tidak dilakukan dengan cermat. Pasalnya, kondisi tulang dan sendi kita di usia ini sangat rentan dan perlu diperlakukan dengan hati-hati. Namun, memilih untuk tidak bergerak juga sama berbahayanya. Mengingat tanpa stimulasi gerakan, pengeroposan tulang serta penurunan fungsi organ tubuh akan sangat mudah terjadi. Yoga masih menjadi contoh sederhana, namun efektif untuk memberi stimulasi fisik bagi tubuh.

Itulah beberapa Pilihan Olahraga yang Tepat Sesuai Usia seperti yang dilansir gayahidup.inilah.com. Semoga bermanfaat dan menjadi penunjang kesehatan yang tepat untuk anda.

 

Artikel terkait :

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *