Pemberian ASI Eksklusif Sehatkan Pencernaan Anak

Pemberian ASI Eksklusif Sehatkan Pencernaan AnakBerdasarkan laporan WHO dan UNICEF, pada tahun 2013 lalu ada sekitar 340.000 balita di Indonesia yang meninggal akibat diare. Angka kematian ini tentu bukan angka yang sedikit dan harus segera ditangani secara serius. Bahkan pada penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa anak yang mengalami kolik, akan mengalami sakit perut berulang saat anak usia 10 tahun dan juga mengalami gangguan tidur, sehingga hal tersebut perlu diperhtikan dengan benar.

Untuk mencegah kondisi buruk lain yang dialami si kecil, seorang ahli menyarankan agar bunda memberikan ASI eksklusif selama 2 tahun kepada anak bahkan ketika ibu masih dalam usia kehamilan. Hal ini bertujuan agar anak mendapatkan nutrisi lengkap dari ASI untuk membantu tumbuh kembangnya, peningkatan kecerdasan otak anak, serta peningkatan imunitas tubuh.

Baca juga : Obat Penyakit Tipes Anak dan Dewasa

Fakta yang terungkap menyebutkan jika anak yang mendapatkan ASI eksklusif selama 2 tahun memiliki sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak menerima ASi. Hal ini dikarenakan ASI memiliki kandungan probiotik dan laktosa yang dapat menjaga kesehatan dan kenyamanan saluran pencernaan. Jika ASI yang diberikan masih kurang untuk memenuhi nutrisi anak, anda bisa menambahkan makanan dan minuman olahan susu lain untuk anak yang terbukti aman dan tepat diberikan pada anak.

Jadi bunda, jangan sampai tidak memberikan ASI eksklusif pada anak selama 2 tahun yah ! Ingat bun, kesehatan dan tumbuh kembangnya sengat penting ! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *