Minum Ketika Makan Ternyata Tak Baik Bagi Pencernaan

dampak negatif minum saat makanKetika anda makan, mungkin jadi kebiasaan anda untuk makan diselingi dengan minum guna memperlancar proses pencernaan yang banyak diyakini oleh masyarakat pada umumnya. Namun nyatanya, kebiasaan tersebut malah dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan pencernaan anda.

Pendapat tersebut dikemukakan oleh salah seorang pakar kesehatan, Shonali Sabherwal, seorang konselor dari Microbiotic. Menurutnya bahwa minum air putih ketika sedang makan akan menimbulkan hambatan pada kekuatan pencernaan lambung sehingga mengakibatkan terjadinya peningkatan insulin secara drastis.

Perut atau lambung diketahui memiliki fungsi untuk melepaskan cairan dalam membantu pencernaan saat kita sedang makan. Jika kita malah minum air saat berbarengan, hal tersebut akan menimbulkan penipisan cairan pencernaan untuk proses pencernaan sehingga menghambat proses pencernaan yang tengah terjadi.

Baca juga : Cara Tepat Sederhana Atasi Bayi Sembelit

Penelitian juga mengungkapkan bahwa minum air putih dalam jumlah yang sedikit tidak menimbulkan masalah apa-apa. Namun ketika kita minum 1 atau 2 gelas air saat sedang makan, maka akan menimbulkan gangguan pada pencernaan. Selain itu, minum air ketika makan juga dapat mengakibatkan meningkatnya kadar insulin yang akan memicu tersimpannya lemak dan gula dalam darah pada jumlah yang besar.

Para ahli juga menyarankan untuk minum air putih sebelum atau setelah makan agar nutrisi dalam makanan dapat terjaga dan mudah dicerna. Kita juga dianjurkan agar jangan makan dengan terburu-buru dan kunyahlah makanan dengan sebaik mungkin untuk membantu proses pencernaan di dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *