Mengetahui Proses Penularan Tipes

Seperti yang telah kita ketahui bahwa tipes merupakan salah satu penyakit yang dapat menular dari manusia satu ke manusia yang lainnya melalui makanan atau air, jari tangan atau kuku, muntah, lalat, dan feces. Media ini yang selalu ada di sekitar kita namun sebagian besar dari kita tidak menyadarinya dan tetap saja bersikap kurang peduli terhadap kebersihan makanan dan lingkungan sekitar. Untuk itulah, kita perlu Mengetahui Proses Penularan Tipes agar bisa mangantisipasinya sedini mungkin sehingga bisa terhindari dari serangan penyakat akibat dari infeksi Salmonella typhi ini.

Mengetahui Proses Penularan Tipes

proses penularan tipes

Feces atau muntah dari pasien tipes dapat menularkan bakteri Salmonella typhi kepada orang lain. Kuman tersebut dapat ditularkan melalui air yang terkontaminasi atau makanan yang tidak higienis akibat dari hinggapnya lalat pada makanan tersebut yang sebelumnya telah hinggap di feces atau muntan pasien tipes.

Ketika kita mengkonsumsi air atau makanan terkontaminas tersebut dan tidak mencuci tangan sebelumnya, maka Salmonella typhi akan masuk ke dalam tubuh.

Salmonella typhi yang masuk dari mulut terinfeksi, selanjutnya menuju lambung. Sebagian bakteri tersebut dimusnahkan oleh asam lambung dan sebagian lolos menuju usus halus bagian distal. Usus tersebut bisa mengalami iritasi dan mengeluarkan endotoksin sehingga menyebabkan darah mengandung bakteri. Selanjutnya masuk melalui aliran darah dan jarngan limpoid menuju limfa dan hati.

Di dalam jaringan limpid ini bakteri berkembang biak, lalu masuk ke aliran darah dan mencapai organ lain terutama usus halus yang tadi awal datangnya bakteri menimbulkan iritasi dan peradangan yang menyebabkan melabsorbsi nutrien dan hiperistaltik usus hingga terjadi diare.

Dari sinilah awal munculnya gejala tipes seperti yang telah dikatakan berupa diare, demam, muntah, tubuh lemas, bahkan sampai pada menurunnya kesadaran. Walaupun kedengarannya tipes ini merupakan penyakit biasa yang akan sembuh dalam kurun waktu yang tidak lama, namun fakranya sudah banyak korban meninggal akibat dari penyakit tipes. Untuk itu, tindakan pencegahan maupun pengobatan tipes harus dilakukan sedini mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *