Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Secara tradisional, minyak zaitun menawarkan pengobatan kolesterol rendah, lebih sedikit kasus penyakit jantung dan sedikit obesitas. Diet Mediterania yang menggunakan minyak zaitun ini ternyata memang melengkapi berbagai kebutuhan tubuh, bukan hanya penurunan berat badan, melainkan kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, yang antara lain :

manfaat dan khasiat minyak zaitun untuk kesehatanMenurunkan kolesterol LDL

Kolesterol LDL adalah jenis buruk kolesterol, yang meningkatkan risiko serangan jantung dan penyakit jantung. Minyak zaitunĀ  memiliki extra virgin, yang hampir memiliki 40 antioksidan, membantu mengurangi efek oksidasi kolesterol LDL.

Hipertensi

Studi penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet Mediterania yang terdiri dari makanan kaya lemak tak jenuh (ditemukan dalam minyak zaitun dan kacang-kacangan) dan nitrit serta nitrat (ditemukan di sayuran berdaun hijau) dapat membantu melindungi Anda dari hipertensi.

Mengurangi masalah jantung

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal 70%. Sebagai hasilnya, itu dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan mengurangi masalah jantung. Mengurangi LDL (kolesterol jahat), sementara pada saat yang sama meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

Menurunkan Berat badan

Ahli Medis menyarankan untuk melakukan diet dari lemak polifenol yang hadir dalam minyak zaitun. Percobaan yang melibatkan diet Mediterania minyak zaitun telah menunjukkan hasil yang positif dalam hal pengurangan berat badan manusia.

Meningkatkan metabolisme

Minyak zaitun dapat meningkatkan metabolisme, pertumbuhan struktur tulang yang baik, dan perkembangan otak pada anak-anak. Ini adalah sumber yang sangat baik dari vitamin E yang sangat bermanfaat bagi orang tua.

Anti-inflamasi dan sifat antimikroba

Fenol hadir dalam minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba.

Membantu pencernaan

Minyak zaitun yang diketahui dapat membantu proses pencernaan. Itu digunakan sebagai minyak obat untuk membersihkan saluran pencernaan dan meningkatkan gerakan usus, sehingga bisa melancarkan buang air besar.

Proses penuaan

Kaya antioksidan, minyak zaitun memperlambat proses penuaan alami dari tubuh manusia. Digunakan dalam produk kosmetik dan terapi herbal alami, minyak zaitun melakukan keajaiban untuk kulit yang dapat bersinar alami dan bercahaya.

Mencegah batu empedu

Minyak zaitun juga efektif dalam mencegah batu empedu.

Menyehatkan dinding sel tubuh

Minyak zaitun mengandung polifenol yang membantu dalam memperkuat dinding sel. Hal ini juga meningkatkan elastisitas dinding arteri, yang melindungi terhadap berbagai kondisi jantung.

Mencegah pertumbuhan kanker

Minyak zaitun dikatakan mampu melindungi tubuh manusia terhadap pertumbuhan kanker, terutama kanker usus. Penelitian medis yang dilakukan di Universitas Oxford bergengsi telah menunjukkan tanda-tanda positif bahwa kandungan asam minyak zaitun dapat mencegah permulaan kanker rektum dan usus. Di Inggris, kanker usus adalah salah satu bentuk paling umum kanker, dan membunuh hampir dua puluh ribu warga setiap tahun.

Sedangkan dalam penelitian terbaru menunjukkan bahwa Hidroksitirosol, komponen utama dari minyak zaitun dapat membantu mencegah kanker payudara pada wanita postmenopause.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *