Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Alpukat merupakan buah yang memiliki tekstru halus, beraroma khas, dan berbentuk seperti buah pir, asal Amerika Tengah. Tidak seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, buah yang satu ini memiliki kadar lemak tinggi dan membawa lebih banyak kalori. Meskipun demikian, mereka adalah buah-buahan populer yang memiliki profil nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

khasiat dan manfaat buah alpukat untuk kesehatan

Mengobati Sembelit

Alpukat memiliki serat yang bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan, mendorong BAB teratur dan dikenal untuk membantu mencegah sembelit. Pada kenyataannya, alpukat sering direkomendasikan sebagai pencahar ringan bagi orang-orang yang mengalami kesulitan buang air besar.

Serat dalam alpukat tidak hanya baik untuk sembelit, itu juga membantu menurunkan risiko kanker usus besar.

Menjaga kesehatan jantung

Alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat, yang membantu mengatur kadar homosistein. Tingkat tinggi homosistein ini dikaitkan dengan risiko penyakit jantung. Alpukat juga mengandung vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Menurunkan kadar kolesterol

Alpukat kaya senyawa yang disebut beta-sitosterol yang telah ditunjukkan efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Menurut sebuah studi, pasien dengan Hiperkolesterolemia ringan, dengan memasukkan alpukat dalam diet mereka selama 7 hari, memiliki 17% penurunan kadar kolesterol darah total, 22% penurunan LDL (kolesterol jahat) dan kadar trigliserida, serta peningkatan 11% HDL (kolesterol baik).

Kontrol tekanan darah

Alpukat juga kaya akan kandungan kalium, yang membantu dalam mengendalikan tingkat tekanan darah.

Sifat anti-inflamasi

Senyawa phytonutrisi ditemukan dalam alpukat, seperti polifenol dan flavonoid telah ditemukan sebelumnya, memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mengurangi resiko gangguan inflamasi dan degeneratif.

Menjaga kesehatan mata

Alpukat adalah sumber yang sangat baik dari kandungan karotenoid lutein, dikenal untuk membantu melindungi mata yang berkaitan dengan usia degenerasi makula dan katarak.

Mengatur kadar gula darah

Lemak tak jenuh tunggal (baik) dalam alpukat dapat membalikkan resistensi insulin yang membantu mengatur kadar gula darah. Alpukat juga mengandung serat larut yang menjaga tingkat gula darah tetap seimbang.

Mencegah cacat lahir

Alpukat kaya akan folat, vitamin B yang dikenal sebagai asam folat. Satu cangkir alpukat menyediakan sekitar 23% nilai harian yang direkomendasikan folat. Jumlah tinggi folat dalam alpukat sangat penting dalam mencegah cacat lahir, seperti neural tube cacat dan spina bifida. Inilah alasan mengapa ibu hamil direkomendasikan konsumsi buah alpukat secara teratur.

Mengurangi risiko stroke

Tingkat tinggi folat dalam alpukat juga dapat melindungi tubuh dari penyakit stroke. Studi telah menunjukkan bahwa individu yang diet folat memiliki risiko stroke yang lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Melindungi tubuh dari kanker

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Asam oleat dalam alpukat ini juga efektif dalam mencegah kanker payudara. Glutathione sebagai antioksidan kuat dalam buah berkhasiat ini juga membantu melawan radikal bebas dalam tubuh penyebab kanker.

Sifat anti-penuaan

Menjadi kaya antioksidan, alpukat ini bermanfaat dalam mencegah gejala penuaan. Glutathione dalam alpukat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan, dan mendorong sistem saraf yang sehat.

Meningkatkan penyerapan nutrisi

Alpukat dikaitkan dengan peningkatan penyerapan nutrisi. Studi menunjukkan bahwa, ketika peserta makan salad termasuk alpukat, mereka menyerap lima kali jumlah karotenoid (kelompok nutrisi yang mencakup beta karoten dan lycopene) daripada mereka yang tidak memasukan konsumsi alpukat.

Perawatan kulit

Minyak alpukat ditambahkan di banyak kosmetik karena kemampuannya untuk menutrisi kulit dan membuat kulit Anda bersinar. Hal ini juga membantu dalam mengobati psoriasis, penyakit kulit yang menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi.

Menambah berat badan

Alpukat memiliki 200 kalori untuk 100 gram. Biasanya, buah-buahan memiliki sekitar 60-80 kalori untuk 100 gram. Karena jumlah tinggi kalori, alpukat merupakan diet terbaik untuk orang-orang yang ingin menambah berat badan. Alpukat adalah sumber kalori sehat, tidak seperti banyak makanan kalori-padat lain yang mungkin mengandung kelebihan lemak jenuh dan gula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *