Jumlah Penderita Tipes di Indonesia

Jumlah Penderita Tipes di Indonesia

jumlah penderita tipes

Pengobatan Tipes,- Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan jumlah kasus demam tifoid (tipes) di seluruh dunia mencapai 16-33 juta penderita, dengan 500.000 hingga 600.000 kematin tiap tahunnya. Negara yang paling tinggi terkena tipes adalah negara di kawasan Asia Tengah (Pakistan, Bangladesh, India) dan Asia Tenggara (Indonesia dan Vietnam).

Kasus atau Jumlah Penderita Tipes di Indonesia grafiknya terus meningkat. Setiap tahunnya sekitar 50.000 orang meninggal dari jumlah penderita tifoid antara 350-810 orang per 100.000 populasi penduduk.

Demam tifoid merupakan penyakit infeksi menular yang terjadi pada anak maupun dewasa. Penyakit sistematik akut ini disebabkan infeksi bakteri salmonelia typhi. Kuman ini masuk ke tubuh manusia melalui makanan dan minuman yang tercemar, dan tertelan masuk ke dalam lambung kemudian ke usus sehingga bakteri berkembang biak.

Meski tipes bisa menyerang anak di atas umur 1 tahun, pasien paling banyak adalah anak usia 5 tahun. Tapi belakangan ini, serangan terhadap anak di bawah umur 5 tahun, meningkat jadi 15 %. Menurut penelitian di Bagian Anak FKUI tentang bayi yang kejang waktu baru lahir, 80 % penyebabnya adalah tipes. Penyakit ini juga ikut menyumbang angka kematian bayi yang sangat tinggi di Indonesia dimana 90%-nya akibat infeksi.

Oleh karena itu, diperlukan tindakan yang cepat agar penyakit tipes ini tidak berlanjut ke fase yang lebih mengkhawatirkan. Namun alangkah lebih baik jika penyakit tipes tersebut bisa dicegah sehingga tidak benar-benar menyerang. Seperti pepatah yang mengatakan “Mencegah lebih baik daripada mengobati”.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *