Jenis-jenis Demam yang Harus Diwaspadai

Demam merupakan suatu keadaan saat suhu tubuh melebihi 37 derajat Celcius yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Demam juga bisa merupakan pertanda bahwa sel darah putih (antibodi manusia) sedang melawan suatu virus atau bakteri.

Pada dasarnya demam dapat sembuh dengan istirahat yang cukup, namun ada beberapa jenis demam yang harus diwaspadai yang membutuhkan pengobatan lebih efektif dan aman.

Jenis-jenis Demam yang Harus Diwaspadai

jenis demam

Demam Viral

Demam yang terjadi karena infeksi virus. Jenis demam ini biasanya terjadi selama 9 hari. Jenis demam ini juga disertai dengan infeksi tenggorokan.

Demam Berdarah Dongue

Demam ini terjadi karena nyamuk yang disertai dengan nyeri pada sekujur tubuh, penderita akan mengalami demam yang sangat tinggi dan menggigil. Dalam kondisi parah, demam berdarah dapat menyebabkan pendarahan  internal.

Malaria

Sama halnya dengan demama berdarah, malaria juga disebabkan oleh nyamuk. Beberapa orang di daerah tropis telah meninggal karena demam ini. Demam tinggi disertai menggigil merupakan geja;a khas dari malaria. Hal ini dapat mengancam jiwa dan memengaruhi otak.

Chicken Guinea

Demam ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan ayam. Ini juga merupakan infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk. Demam ini kurang mematikan jika dibandingkan dengan malaria dan demam berdarah tetapi tidak memiliki gejala yang hampir sama.

Tipes

Tipes adalah demam yang terjadi karena infeksi perut. Jika anda makan makanan atau air yang terinfeksi oleh bakteri Salmonella typhi penyebab tipes, anda akan mengalami demam tinggi yang disertai sakit kepala dan diare parah.

Meningitis

Meningitis merupakan jenis radang otak yang memengaruhi jaringan lunak dari sistem otak dan saraf. Demam ini bisa menyebabkan kerusakan otak dan sering disertai dengan kejang dan sakit kepala.

HIV

Salah satu tanda awal dari infeksi HIV adalah demam ringan tetapi teus-menerus. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat meskipun nantinya akan datang kembali. Jika anda memiliki demam ringan selama seminggu lebih, anda bisa mengecek apakah anda terjangkit infeksi HIV, terutama bagi anda yang pernah terjerumus narkoba dan seks bebas.

Infeksi Saluran Kemih

Pada sebagian kasus, infeksi pada saluran kemih dapat mengakibatkan demam. bukan demam tinggi, tetapi akan disertai dengan nyeri perut di bagian bawah dan rasa terbakar saat buang air kecil.

Ketika anda menderita salah satu demam yang mengarah pada penyakit tertentu, pastikan anda mendapatkan penanganan dan pengobatan dengan segera untuk memperoleh kesembuhan yang optimal.

 

Baca juga artikel menarik lainnya :

 

Sumber merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *