Efek Samping Diet Super Ketat

Pengobatan Tipes,- Diet yang sebagian besar orang jalankan bertujuan untuk menurunkan berat badan agar mendapatkan berat badan dan proporsi tubuh yang ideal, bahkan diet juga dilakukan saat kita tengah sakit dan mengharuskan kita melakukan diet agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dapat terjaga dengan memilih jenis makanan yang harus dihindari dan menjadi alternatif untuk dikonsumsi.

Namun, apakah anda tahu selain memiliki pengaruh pada berat badan, diet juga ternyata dapat memberikan efek samping, terutama saat kita menjalankan diet ketat atau program diet yang dijalankan ternyata tidak tepat ?

Efek Samping Diet Ketat yang Perlu Diketahui

efek samping diet super ketat

Selulit

Selulit merupakan kondisi permukaan kulit yang terlihat berlesung dan terjadi pada daerah sekitar perut, paha, bokong, dan pinggul. Selain itu, dapat juga menimbulkan garis-garis putih pada kulit.

Tubuh akan mudah gemuk kembali

Hal ini terjadi karena metabolisme tidak mendapatkan cukup kalori untuk melakukan pembakaran, sehingga akan mengaktifkan hormon yang memicu nafsu makan berlebihan dan akibatnya selera makan tidak terkendali dan berat badan kembali naik.

Kekurangan gizi

Diet ketat yang dijalankan akan menyebabkan kekurangan gizi yang seharusnya diperoleh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh juga memicu timbulnya penyakit seperti batu empedu.

Berkurangnya otot dan jaringan

Diet terlalu ketat kemungkinan kandungan lemak akan disimpan, dan otot dibakar sebagai gantinya. Hal ini menyebabkan tubuh kehilangan banyak otot maupun jaringan, sehingga dapat melemahkan otot, mengurangi stamina bahkan melemahkan tulang.

Kelaparan

Jika kita tidak makan dalam waktu yang lama, tubuh akan kelaparan dan cenderung ingin mengkonsumsi makanan gurih dan digoreng. Inilah yang justru akan memicu kenaikan berat badan.

Depresi

Depresi, kurangnya gairah seks dan kecemasan merupakan gangguan emosi yang sering dialami karena kekurangan nutrisi akibat diet super ketat.

Rambut rontok

Tubuh membutuhkan makanan yang sehat untuk regenerasi sel, termasuk regenerasi sel kulit dan rambut. Dengan diet super ketat yang dilakukan, tentunya nutrisi yang dibutuhkan tubuh berkurang sehingga rambut cenderung mengalami kerontokan.

Melakukan diet boleh saja karena ada manfaatnya juga untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah, namun jika cara diet yang dilakukan salah atau terlalu keras, malah akan berbalik memberikan pengaruh buruk pada tubuh dengan Efek Samping Diet Super Ketat tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *