Al, Remaja Penderita Tipes yang Hanya Diberi Obat 1 Kali

al penderita tipes

Pengobatan Tipes | Seorang remaja berusia 13 tahun, Samsul Bahri, atau yang akrab disapa Al ini pernah menderita tipes sekitar 20 hari lamanya. Namun rupanya penyakit yang cukup serius ini bisa mudah sembuh walaupun Al tidak dirawat di rumah sakit.

Kejadiannya bermula ketika Al yang setiap hari harus mencari barang rongsokan hingga larut malam, karena kondisi tubuh yang terus-menerus dipaksa untuk bekerja demi membantu orang tuanya mencukupi kebutuhan. Walaupun ayahnya sendiri telah melarang Al melakukan pekerjaan tersebut karena khawatir akan kesehatan sang anak.

Usma Gumanti (57), ayahanda Al mengungkapkan bahwa putranya ini merupakan anak yang rajin dan gigih meskipun dirinya telah menyuruh Al untuk berhenti dan lebih baik istirahat saja. “Sudah saya ingatkan, jangan keluar, tak usah lagi kerja. Tapi ngotot jugam katanya tidak enak kalo tak kerja”, papar Usman.

Ayah Al ini pun bercerita tentang beberapa waktu yang lalu Al mengalami sakit yang cukup serius, yaitu tipes. Namun keterbatasan biaya membuat Al tidak bisa dirawat di Rumah Sakit. Bukan hanya itu, Usman yang sehari-hari berprofesi sebagai seorang penjual kempelang yang kini tengah terhenti akibat akibat musim hujan yang menyebabkan kempelang tersebut tak kering-kering ketika dijemur.

Baca juga : Manfaat Pepaya untuk Pencernaan Sampai Demam Berdarah

Karena ingin anaknya sembuh, Usman pun nekad berhutang 1 butir obat penurun panas di warung sekitaran rumahnya dengan harga Rp 1.000. Setelah mendapatkan obatnya, ia pun langsung memberikannya pada Al, Al pun bisa sedikit membaik.

Ketika cuaca tengah berpihak padanya, kempelang pun dapat terjual dan Usma bisa mendapatkan uang untuk mengobati Al. Uang hasil dagangannya itu dipakai untuk memfotokopi Kartu Keluarga dan mengurus Surat Keterangan Sakit ke kantor kelurahan yang baru bisa ia lakukan karena tidak adanya biaya membuat Usman bahkan tak bisa hanya sekedar memfotokopi saja.

Setelah semuanya beres, Usman pun mebawa All ke puskesmas untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik. Tidak butuh waktu lama, Al pun bisa sembuh dan sehat kembali seperti sedia kala, seperti yang dilansir merdeka.com.

Kita semua berharap, semoga tidak akan ada lagi kisah yang sama seperti yang dialami oleh Al.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *